Tips Menjaga Agar Rambut Tetap Sehat

20 02 2009

Tren rambut musim gugur/dingin 2008 adalah rambut panjang dan tergerai
bebas, namun rambut panjang terurai hanya terlihat indah apabila kondisinya baik, yang berarti tidak kering, tidak pecah-pecah atau berketombe. Membuat rambut selalu sehat tidak bisa dilakukan dengan instan, tapi kita bisa mencegah dan memperbaiki kerusakannya. Simak
beberapa tips berikut :

– Saat bangun tidur di pagi hari, jangan terburu-buru menyisir rambut,sisir¡ rambut dengan jari-jari tangan untuk mengurai rambut yang kusut.

– Pilihlah sisir dengan bahan dasar kayu. Sisir rambut dengan lembut,lalu rapikan dengan tangan untuk menghindari ujung-ujung rambut yang beterbangan (fly away ends).

– Rambut panjang tidak cukup hanya diberi kondisioner. Lakukan perawatan seminggu sekali untuk memberikan kelembutan dan kilau pada rambut.

– Saat penggunaan kondisioner atau bahan perawatan lainnya, cukup aplikasikan di batang dan ujung rambut -karena memang bagian itu yang paling membutuhkan- bukan di kulit kepala.

– Sebelum keramas, sisir rambut terlebih dulu, demikian pula saat rambut masih dalam keadaan basah dan baru saja diberi kondisioner, menyisir rambut dalam keadaan ini bisa menghindari kekusutan.

– Terlalu sering menggunakan hairdryer bisa menyebabkan kerusakan pada rambut dalam waktu yang lama, untuk itu gunakan hairdryer sesekali saja.Pastikan pengering rambut Anda tidak terlalu panas.

– Jangan terlalu sering menggulung rambut dengan rol rambut yang panas atau mencatok rambut, jika terpaksa menggunakannya, pastikan rambut Anda telah dilindungi dengan produk perawatan untuk mencegah kerusakan.

– Saat berenang, selain menggunakan tabir surya untuk kulit, gunakan juga produk perawatan untuk melindungi rambut dari sinar matahari atau air kaporit di kolam renang.
Seberapa sering kita harus memotong rambut ?

– Jika pertumbuhan rambut Anda tergolong lambat, potong ujungnya setiap 12 minggu untuk menghindari ujung rambut pecah-pecah. Sebaliknya, jika rambut Anda cepat tumbuh, potong setiap 2 bulan sekali.

– Jika Anda bosan dengan rambut panjang dan berencana memotong pendek rambut Anda namun masih ragu , coba untuk memotongnya sebahu dulu, sehingga Anda tidak akan terlalu kaget dengan perubahan penampilan Anda.
Tetapi jika Anda sudah tahu pasti model rambut apa yang diinginkan,
lakukan saja, jika hasilnya tidak sesuai dengan harapan, jangan putus
asa, rambut kita akan panjang lagi bukan ?. (An)

Tips Merawat Rambut

Rambut yang sering ditutupi jilbab biasanya mudah berkeringat dan sangat lembab. Terlebih jika wanita berjilbab ini mempunyai aktivitas yang sangat tinggi. Berikut ini tips yang bisa ukhtiy gunakan untuk mencegah kerontokan pada rambut:

  1. Keramas secara teratur
  2. Rajin menyisir rambut (3 x dalam sehari). Dengan menyisir rambut sama halnya dengan melakukan pemijitan kulit kepala, yang berarti dapat membantu kelancaran peredaran darah.
  3. Gunakan sisir plastik yang bergigi jarang.
  4. Hindari menarik garis belahan rambut hanya pada 1 sisi, karena kerontokan bisa berawal di garis belahan rambut.
  5. Hindari mengikat rambut dengan ikatan yang kencang, apalagi dengan menggunakan karet gelang. Hal ini akan mengakibatkan trauma bagi rambut. Gunakan ikat rambut yang berlapis kain untuk mengikat rambut.
  6. Jangan biarkan rambut terikat terus.
  7. Hindari memakai kerudung/jilbab saat rambut dalam keadaan basah. Karena akan mempertinggi kadar kelembaban rambut yang menyebabkan rambut menjadi rontok.
  8. Sampo yang digunakan pun harus sesuai dengan kondisi rambut berjilbab. Sebaiknya memakai sampo yang banyak mengandung sari lidah buaya. Tanaman itu berkhasiat memperbaiki pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan. Bisa pula memakai sampo kelapa hijau dan yang berasal dari sari akar wortel

By Putri Wulandari

16


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: