19 03 2009

RAHASIA CANTIK NATURAL

Sejak zaman dahulu, wanita telah memanfaatkan kekayaan alam untuk merawat kecantikan. Beragam tumbuhan menyimpan khasiat untuk mempercantik penampilan Anda. Berikut ini 25 bahan alam yang telah terkenal khasiatnya untuk kecantikan, yaitu :
1. LIDAH BUAYA (ALOE VERA)
Selain vitamin, mineral, dan enzim, getah lidah buaya juga mengandung 99,5% air. Karena khasiatnya yang menyejukkan, melembapkan, dan antiradang, lidah buaya umum digunakan untuk mengobati luka bakar (terutama karena matahari). Selain itu, bisa juga mengencangkan kulit.
2. JAHE
Salah satu bahan yang sering digunakan untuk body scrub. Jahe berkhasiat melancarkan sirkulasi darah dan menghangatkan tubuh, juga melembutkan dan mengencangkan kulit. Para wanita hamil di Thailand memijat perut mereka dengan jahe yang diparut untuk mencegah stretchmarks.
3. KOPI
Permukaannya yang kasar bisa digunakan untuk menghaluskan kulit tubuh. BIasanya, kopi digunakan untuk bahan scrub. Kopi juga berkhasiat untuk melancarkan sirkulasi darah, karena itu sering digunakan sebagai bahan krim antiselulit.
4. TEA TREE OIL
Di Austria, minyak ini populer digunakan untuk menghilangkan jerawat dengan cara dioleskan pada kulit. Kelebihan minyak ini sebagai antiradang, antibakteri, dan antiseptik. Asamnya mampu meng-eksfoliasi dan membersihkan pori-pori kulit. Minyak tea tree juga biasa digunakan untuk mencegah ketombe dan mengobati kulit yang digigit serangga.
5. AVOKAD
Buah ini bermanfaat sebagai pelembab (emollient) alami untuk kulit dan rambut yang kering. Kaya akan vitamin E dan minyak alami yang mudah diserap kulit.
6. EKSTRAK BIJI ANGGUR (GRAPESEED)
Biji anggur kaya akan linoleic acid dan polyphenols yang merupakan zat antioksidan yang baik. Ekstrak biji anggur mampu meningkatkan elastisitas, fleksibilitas, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet, sementara kulit anggur banyak mengandung antioksidan. Karena itu, biji dan kulit anggur sering digunakan sebagai bahan perawatan anti-aging.
7. MADU
Walaupun tidak termasuk tumbuh-tumbuhan, madu sangat bermanfaat dalam merawat kulit. Madu melembutkan kulit (terutama untuk kulit yang sangat kering) selain untuk mengurangi peradangan pada kulit yang teriritasi.
8. CHAMOMILE
Mengandung azulene yang efektif menenangkan kulit sensitif di saat kering dan gatal serta teriritasi, juga bisa melembapkan rambut. Minum teh chamomile juga berkhasiat menenangkan perut yang bermasalah, membuat tubuh lebih relaks dan tidur lebih nyenyak.
9. MINYAK KAYU PUTIH
Selain wanginya yang melegakan pernapasan, kayu putih juga sering digunakan sebagai bahan campuran untuk merendam kaki. Minyak kayu putih mampu menstimulasi peredaran darah dan berkhasiat menyembuhkan rasa nyeri.
10. TEH HIJAU & TEH PUTIH
Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, teh hijau melindungi kulit dari radikal bebas, meningkatkan pergantian sel-sel kulit, mengencangkan kulit, mengurangi keriput, dan antiradang. Mengonsumsi minimal enam gelas teh hijau setiap hari sangat dianjurkan untuk mendapatkan hasil yang efektif.
11. LAVENDER
Lavender mempunyai kelebihan sebagai antibakteri dan antiradang, meningkatkan regenerasi sel sehingga mampu membunuh bakteri penyebab jerawat, menyembuhkan luka, dan menyamarkan bekas luka. Berandam dalam air yang ditetesi minyak essensial lavender dapat menenangkan pikiran dan membantu tidur lebih cepat.
12. KELAPA
Minyak kelapa merupakan pelembut yang baik untuk rambut dan kulit kering. Namun, tidak dianjurkan bagi kulit normal atau berminyak karena molekulnya yang besar dapat menyumbat pori-pori kulit. Lain halnya dengan virgin coconut oil (VCO), yang molekulnya lebih kecil dan lebih tidak berminyak karena tidak melalui proses pengeringan (kopra) dan diproses tanpa bahan kimia. Selain melembapkan dan megandung lebih banyak nutrisi, VCO juga mengandung asam laurat yang merupakan antibakteri yang kuat.
13. MAWAR
Minyak mawar merupakan pelembap yang ideal untuk kulit menua yang kering dan sensitif, karena mengurangi kemerahan dan pelebaran pembuluh darah kapiler dikulit. Air mawar tanpa kandungan alkohol juga berguna untuk mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak dikulit.
14. LEMON
Digunakan untuk mengeksfoliasi kulit kering dibagian siku dan lutut. Wanginya yang segar sering digunakan sebagai bahan dasar sabun dan gel mandi. Wanita Eropa juga sering menggunakan lemon untuk menciptkan highlight pirang dirambut saat musim panas.
15. MINYAK ZAITUN
Di Italia, minyak yang berasal dari buah zaitun ini juga disebut sebagai ‘emas cair’, karena manfaatnya yang sangat banyak untuk kesehatan dan kecantikan, diantaranya melembutkan, menyehatkan, dan membuat kulit kenyal. Aman untuk kulit sensitif sekalipun.
16. MINYAK NEEM
Berasal dari pohon neem yang tumbuh di India. Kandungan antijamur dan antibakterinya membuat minyak neem sangat ideal digunakan untuk menyembuhkan ifeksi dan perawatan pada kuku dan kutikel yang kering.
17. PEPAYA
Enzim buah pepaya dapat mengangkat lapisan kulit mati dipermukaan tubuh dan meratakan warna kulit. Selain itu, juga mengandung vitamin A dan C yang berfungsi sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas. Baik untuk kulit menua maupun yang berminyak dan berjerawat.
18. MINYAK KAMELIA (CAMELLIA OIL)
Bahan yang umum dipakai untuk perawatan rambut wanita di Jepang. Para geisha konon menggunakannya untuk meberi kilau pada rambut mereka. Minyaknya mudah diserap oleh batang rambut dan menambah volume tanpa memberatkan rambut.
19. MINT
Peppermint dan spearmint umum digunakan untuk menyegarkan kaki yang ketih karena wangi dan efek dinginnya yang menyegarkan. Mint mengurangi peradangan dan melemaskan otot. Mentol yang dikandungnya juga menyejukkan kulit, meningkatkan aliran darah, dan antibakteri.
20. KEDELAI
Sampo yang mengandung kedelai melapisi folikel rambut yang membuatnya fleksibel dan tidak cepat kering. Untuk kulit, kedelai sering digunakan untuk mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit.
21. MINYAK WIJEN (SESAME OIL)
Molekulnya yang kecil membuatnya sangat mudah diserap kulit. Kaya akan linoleic acid dan fatty acid yang menyehatkan kulit. Gunakan untuk melembutkan kulit dan rambut, atau gosokan pada kuku yang kering dan pecah-pecah.
22. NUT BUTTERS
Berasal dari negara Brasil yang tropis, nut butter merupakan pelembut kulit yang ideal karena teksturnya yang lebih kental daripada minyak (serupa mentega). Nut Butters sering dioleskan setelah proses waxing untuk mengembalikan lapisan pelindung kulit yang terangkat.
23. BERAS
Masker yang terbuat dari air beras (rice milk) memiliki tekstur lengket, mampu menyerap minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit, serta menghaluskan kulit.
24. SHEA BUTTER
Berasal dari kacang pohon karite di Afrika, shea butter kaya akan vitamin A, E dan F yang mampu melindungi kulit dari radial bebas, mencegah keriput, dan dapat melembutkan rambut yang rusak, kering dan kusam.
25. RUMPUT LAUT
Kaya akan vitamin A, C dan K, mineral dan fatty acids yang melembapkan dan mencerahkan kulit. Juga mengandung antioksidan yang mampu melawan radikal bebas.

name : santi suhartati
no.18


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: