Diet untuk kecantikan kulit

19 03 2009

Diet untuk kecantikan kulit
Sunday, 26 October 2008

Pada prinsipnya, diet adalah pola pengaturan makanan ke dalam tubuh. Tak hanya untuk mendapatkan berat badan yang ideal, diet juga dilakukan untuk menopang proses penyembuhan dari penyakit, bahkan untuk merawat kecantikan.

Kulit wajah adalah cerminan asupan nutrisi Anda. Pilihan makanan yang tepat dapat membuat Anda tampak lebih cantik. Tertarik untuk melakukannya?
Diketahui, ada jenis diet tertentu yang dapat diterapkan agar kulit wajah terlihat lebih berkilau dan segar.

Diet agar kulit halus

Makanlah buah-buahan dan sayuran berwarna oranye, merah atau hijau tua, seperti; labu kuning, wortel, ubi jalar, tomat dan bayam – setiap hari. Bahan makanan yang berwarna ini, diketahu mengandung zat beta karoten, sejenis antioksidan yang dapat menangkal aktivitas sel radikal bebas penyebab kulit berkerut.

Beta karoten juga dapat ‘membangunkan’ DNA yang bertugas memproduksi sel-sel kulit baru dan merangsang proses pelepasan sel-sel kulit mati. Kedua proses yang berjalan selaras ini akan membuat kulit tampak lebih halus dan segar.

Diet mencegah kerusakan kulit

Agar kulit sehat, para ahli nutrisi menyarankan untuk mengonsumsi dark chocolate, biji bunga matahari, serta teh hijau.

Biji bunga matahari diketahui mengandung vitamin E yang tak hanya ampuh mengatasi reaksi radikal bebas, tetapi juga berfungsi melindungi kulit dari molekul-molekul perusak eksternal, yang berasal dari polusi udara.

Dark chocolate dan teh hijau mengandung polyphenols, senyawa alami yang mampu mengendalikan zat-zat pemicu peradangan. Selain itu, polyphenols juga melancarkan aliran darah di kulit.
Menurut perhitungan para ahli gizi, 1,5 ons batang dark chocolate mengandung 800 mg antioksidan. Jumlah ini hampir menyamai kadar antioksidan yang terdapat dalam secangkir teh hitam. Namun jumlah ideal mengonsumsi antioksidan agar kulit sehat adalah 10 gr per hari.

Sedangkan jika Anda ingin mengonsumsi teh hijau, disarankan agar minimal meminum satu cangkir setiap hari. Sertakan pula biji bunga matahari sebagai bagian camilan Anda sehari-hari.

Diet untuk mengencang & mencerahkan kulit

Stroberi, aneka citrus, paprika (terutama paprika merah) serta brokoli, adalah jenis buah dan sayur yang memiliki kandungan vitamin C sangat tinggi. Di dalam tubuh, vitamin C mampu mengaktifkan fibroblast, sel pembuat kolagen. Semakin bagus kualitas kolagen dalam tubuh, berarti kulit semakin kencang dan cerah.

Jumlah buah dan sayur yang mengandung vitamin C dapat dikonsumsi sebanyak yang Anda inginkan setiap hari.
Yohana a.
absen 24


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: