perawatan rambut tradisional

19 03 2009

Perawatan Rambut dan Kulit Kepala dengan Bahan2 Tradisional :

1. Kemiri
Khasiat yang cukup dikenal masyarakat dari buah kemiri adalah memperkuat dan menyuburkan rambut serta membuat rambut hitam kemilau. Untuk menyuburkan rambut, enam biji kemiri ditumbuk halus lalu ditambah air secukupnya dan dimasak hingga mengeluarkan minyak. Minyak tersebut digosokkan pada kulit kepala, tiga kali seminggu. Bisa juga dengan ramuan 10 gram kemiri, enam lembar daun mangkokan, dua lembar daun pandan wangi, enam lembar daun urang aring, 50 cc minyak kelapa, 50 cc minyak wijen, dua kuntum bunga mawar, 14 kuntum bunga melati direbus dengan 2.000 cc air hingga tersisa 1.000 cc. Kemudian rebusan disaring dan dioleskan ke kulit kepala setelah dingin sambil dipijat. Lakukan dua kali sehari.

2. Lidah Buaya + Daun mangkokan + daun waru
Untuk mengatasi rambut rontok, 40 gram daun lidah buaya yang telah dikupas kulitnya, 20 gram daun mangkokan, dan 20 gram daun waru muda dihaluskan. Kemudian tambahkan 50 cc minyak kemiri hangat. Diaduk, lalu dioleskan pada kulit rambut hingga rata, diamkan beberapa saat lalu rambut dicuci hingga bersih.
3. Seledri
Seledri berguna untuk menyuburkan rambut.
Ambil 7 – 10 tangkai daun seledri. Tumbuk sampai halus. Setelah keramas gosokkan hasil tumbukan daun seledri tersebut ke kulit kepala dan rambut sambil dipijat2. Setelah selesai bungkus rambut dengan topi plastic selama kurang lebih satu jam. Bilas dengan air bersih. Lakukan seminggu sekali.

4. Jeruk Nipis

Berguna untuk mengurangi rasa gatal karena ketombe pada kulit kepala. Lakukan setelah habis keramas. Peras jeruk Nipis, ambil airnya dan usapkan langsung ke kulit kepala sambil dipijat2… diamkan selama kurang lebih satu jam kemudian bilas dengan air bersih.

Ni komang (12)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: