20 03 2009

Kenali : Masalah & Solusi untuk Rambut Panjang

Rambut Anda panjang? Tentu Anda butuh waktu yang cukup setiap hari untuk merawat dan menatanya. Jika  perawatan yang Anda lakukan belum memenuhi kebutuhan rambut, resiko rambut rusak dengan mudah menghadang Anda. Maka dari itu, kenalilah beberapa masalah yang seringkali dihadapi rambut panjang sehingga Andapun tahu cara mencegahnya!

Rambut Rontok Atau Patah

Rambut panjang cukup rentan terhadap kerontokan rambut jika Anda tak cermat dalam merawatnya. Untuk menghindarinya, sebaiknya Anda melakukan beberapa cara berikut:

* Jangan membiarkan rambut terikat selama tidur. Ikatan terhadap rambut dan tindihan dari kepala Anda dapat membuat rambut mudah patah dan rontok.

* Jika Anda ingin menguncir rambut, gunakan kunciran rambut khusus, bukan karet. Hindari mengikat terlalu kuat.

* Sisir rambut dengan sikat rambut dengan perlahan. Cara ini akan meratakan ‘distribusi’ minyak ke seluruh batang rambut sehingga rambut terjaga kelembapannya.

* Tidurlah di atas sarung bantal satin atau sutra. Jenis bahan tersebut akan membuat rambut  bergerak mengikuti gerakan Anda setiap kali Anda mengubah posisi tidur. Cara ini akan mengurangi kemungkinan rambut patah atau rontok. Alternatif lain,  kenakan scarf sutra untuk membungkus rambut sebelum tidur.

* Jangan menyisir rambut dalam keadaan basah (kecuali jika Anda menggunakan sisir bergigi jarang), karena kondisi rambut pada saat basah sangatlah rapuh. Sikat atau sisirlah rambut hanya dalam ketika rambut dalam keadaan kering.

Rambut Pecah-pecah

Ujung rambut yang kering dan bercabang lebih sering dimiliki oleh rambut panjang dari pada rambut oendek. Salah satu sebabnya adalah minyak dari akar rambut tidak sampai di ujung rambut, sehingga ujung rambut cenderung kering.

Untuk mengatasinya:

* Kondisioner. Jangan lupa untuk selalu membubuhkan kondisioner setiap kali Anda keramas, karena kondisioner dapat melembabkan lapisan kutikula sehingga rambut terasa lembut. Pakailah kondisioner mulai dari bagian rambut sebatas bagian bawah telinga sampai ujung rambut yang umumnya lebih rapuh dan kering.

* Trimming. Buat Anda yang berambut panjang, jangan lupa setiap dua bulan sekali untuk melakukan trimming rambut. Selain untuk menghindari ujung bercabang, model rambut Andapun akan tetap terjaga.

Rambut Kering dan Kusut

Kering dan kusut adalah dua hal yang akrab dengan rambut panjang. Berikut cara mengatasinya:

* Jika rambut Anda kusut, coba sisir perlahan dengan jari-jari Anda. Buka perlahan ikal yang membelit. Hal ini akan  mengurangi resiko rambut rontok atau patah

* Hindari pemakaian alat-alat pemanas rambut, seperti hair dryer, pengikal rambut dan pelurus rambut. Alat-alat ini dapat membuat rambut stress dan kering, sehingga mudah patah dan rontok. Biarkan rambut Anda kering dengan sendirinya/alamiah sesering mungkin.

* Hindari sentuhan langsung dengan zat-zat kimia. Jika Anda berenang lindungi rambut dari klorine dan air laut dengan menggunakan penutup kepala atau kondisioner yang mengandung sunscreen.

name : santi suhartati

no.18


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: