20 03 2009

Biotherapie, Perawatan Rambut Bebas Zat Kimia

JIKA Anda ingin memiliki rambut yang indah dan menarik, cobalah beberapa perawatan alami dengan buah-buahan dan tumbuh-tumbuhan sebagai bahan dasarnya. Solusi tepat yang dapat Anda coba adalah biotherapie. Biotherapie adalah jenis perawatan rambut dan kulit kepala dengan menggunakan bahan-bahan alami. Anda tertarik untuk mencobanya?

Untuk mendapatkan rambut yang indah, salah satu caranya adalah memberikan perawatan yang optimal terhadap rambut. Perawatan dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami akan memberikan kesehatan yang optimal. Menggunakan bahan-bahan alami dan rendah kandungan zat kimia akan memberikan hasil terbaik bagi rambut dan tanpa efek samping. Untuk itu, kita harus benar-benar paham kondisi rambut berikut permasalahannya.

Harus disadari, alam memberi yang terbaik bagi kita. Segala yang ada di alam ini merupakan solusi bagai semua permasalahan yang dihadapi manusia, termasuk permasalahan rambut. Saat ini, salon-salon kecantikan sudah mulai memberikan fasilitas perawatan rambut secara tradisional yang biasa disebut dengan biotherapie.

Di Indonesia, biotherapie dikenal sebagai rangkaian perawatan rambut dan kulit kepala. Perawatan tersebut merupakan perawatan alternatif akibat kejenuhan dalam menggunakan bahan-bahan kimia. Menurut Lina Mulyani, Senior Product Manager Matrix, biolage ini adalah produk perawatan rambut yang berasal dari bahan-bahan alami.

“Biolage mengolah intisari tumbuhan sehingga bisa memberikan vitamin, dan mengembalikan kondisi, dan kekuatan rambut alami,” katanya.

Biotherapie diharapkan bisa menjadi perawatan alternatif bagi rambut. Perbaikan rambut dengan menggunakan biotherapie terdiri dari dua macam. Pertama, hair therapie. Yaitu perawatan rambut dengan cara memperbaiki struktur rambut dan menutup kutikula untuk mempertahankan nutrisi yang masuk dan memperbaiki struktur luar rambut sehingga rambut terlahir kembali.

Hair therapie memiliki tiga kegunaan, seperti memperbaiki, mengunci, dan melembutkan. Bahan-bahan alami yang digunakan di antaranya sari buah-buahan dan tanaman seperti anggur, alpukat, bunga sepatu, lidah buaya, mangga, dan gingseng. Kedua, scalp therapie. Yaitu perawatan untuk mendapatkan rambut yang sehat dengan cara menyehatkan dengan cara menyehatkan menyehatkan kulit kepala. Untuk mendapatkan rambut yang sehat, kita harus memiliki kulit kepala yang sehat. Nutrisi di dalam tubuh akan dapat diterima rambut apabila kulit kepala mampu membawa nutrisi tersebut ke akar rambut.

Pada umumnya masalah yang sering dialami perempuan Indonesia adalah ketombe dan kerontokan. Khusus untuk ketombe Lina menjelaskan, pada dasarnya ketombe dihasilkan oleh adanya micro organisme di kulit kepala dalam jumlah besar dan menyebabkan ketidakseimbangan pada kulit kepala. Akibatnya terjadi reaksi kekebalan dan mempercepat pembaharuan sel sehingga akhirnya sel-sel tersebut mengelupas dan menumpuk.

Selain itu ketombe bisa timbul akibat pemakaian shampo yang tidak bersih, tidak rajin cuci rambut, dan tidak terkena matahari terlalu lama. Dalam scalp therapie terdapat kandungan piroctine olamine (zat ini terdapat dalam daun mint dan jeruk nipis) yang berfungsi untuk menghilangkan ketombe dan menghambat pertumbuhan ketombe baru. Dari luar, piroctine olamine terserap ke dalam kulit kepala dan mengangkat sel-sel kulit mati, dari dalam, piroctine olamine menghambat pertumbuhan sebum-sebum sehingga keseimbangan kulit kepala terjaga dengan baik.

Selain ketombe, masalah kedua yang sering terjadi pada orang Indonesia adalah kerontokan rambut. Kerontokan rambut disebabkan oleh dua faktor, yaitu penyebab sementara dan penyebab permanen. Penyebab sementara misalnya akibat dari stres dan kecapekan, polusi, perubahan cuaca yang drastis, dan penggunaan produk perawatan rambut yang salah. Sedangkan penyebab permanen lebih pada ketidakseimbangan hormon, faktor keturunan, dan ketidakseimbangan sistem tubuh. Kedua penyebab tersebut dapat mengakibatkan terhambatnya nutrisi ke akar rambut yang membuat lapisan kolagen mengeras dan mengecil.

Untuk mengurangi kekerasan kolagen dan menebalkan batang-batang rambut, serta memperpanjang umur rambut para ilmuan telah menemukan sebuah molekul yang dapat digunakan dan dipantenkan. Molekul itu bernama Aminexii.

Setiap produk itu ada kekurangan dan kelebihan, ada yang pro dan kontra. Sebenarnya kalau dilihat dari segi kesehatan, pastinya produk yang alami lebih sehat. Namun ada sebagian orang yang merasa tidak cocok karena alergi ataupun tidak sabar menunggu hasilnya.

“Memang biasanya produk dengan bahan dasar kimia lebih cepat efeknya daripada produk alami,” jelas Lina.

Menurut Lina, semua itu dikembalikan lagi kepada kita selaku konsumen, apakah ingin hasil yang instan namun rentan risiko, atau ingin back to nature dengan bahan-bahan yang alami?

name : santi suhartati

no.18


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: