Kecantikan : Rambut sehat dengan tanaman di sekitar kita

24 03 2009

Pengen punya rambut sehat, hitam dan berkilau?! gue punya beberapa cara perawatannya. Dan hebatnya, ga perlu terlalu makan biaya banyak karna kita dapat memperolehnya dari tanaman yang ada di sekitar kita. Yuk, kita lihat tanaman apa aja :

1. Bawang Merah
Bawang merah dapat mencegah rambut dari kerontokan. Kalo lo doyan makan bawang merah mentah (misal dalam bentuk acar), dapat membantu kesehatan rambut lo jadi ga cepat rontok. Tapi kalo kamu gak doyan karena alasan katakanlah bau mulut, ya udah, ga usah dipaksain makan, hehe….

2. Kelapa Hijau
Kelapa hijau dapat mencegah tumbuhnya uban. Hari genee… uban ternyata ga selalu tumbuh di rambut mereka yang sudah lanjut usia, orang muda juga banyak yang beruban. Nah, salah satu cara untuk ngilangin si uban itu tadi, sering2lah makan kelapa hijau. Selain segar, kan sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut lo. Kalo semisalnya ga doyan kelapa ijo, ya udah, jangan dipaksain, usapkan aja air kelapa ijo itu ke rambut lo secara rutin, paling engga seminggu dua kali.

3. Kemiri
udah bukan rahasia lagi kalo kemiri diyakini bisa memperbaiki dan memperkuat rambut. Dan itu emang bener banget, secara gue udah mencoba perawatan rambut dengan kimiri. Caranya, kemiri ditumbuk kasar, lalu disangrai, abis itu ditumbuk lagi hingga halus, hingga keluar minyaknya. Gunakan minyak kemiri ini untuk creambath, lakukan sebelum keramas.

4. Lidah Buaya
Semua orang pastinya udah pada tau kalo lidah buaya bisa menyuburkan rambut. so bagi yang mau mencoba memakai lidah buaya untuk perawatan rambut, caranya : simpan aja dulu lidah buaya di dalem kulkas, setelah dingin, belah lidah buaya menjadi beberapa bagian, lalu gosok2an ke kulit kepala. Lakukan ini sebelum keramas. Kepala akan terasa adem dan segar.

5. Teh
Selain sehat untuk diminum, teh ternyata bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya uban (sama khasiatnya dengan kelapa ijo tadi), tapi kalo kamu susah nyari kelapa ijo-nya, apalagi kalo harus sampe pergi ke pantai (hehe).. ya udah, kita pake aja teh yang ada di dapur kita. Caranya, seduh teh pake air panas, lalu endapkan selama semaleman (jadi teh basi), lalu air teh yang udah basi tadi digosok2an ke kulit kepala, lakukan sebelum keramas, niscaya uban kamu bakal berkurang.

6. Daun Waru
daun waru sangat berkhasiat untuk menghitamkan rambut dan membuat rambut berkilau. Caranya, ambil beberapa lembar daun waru, lalu tumbuk dan peras airnya. Gunakan air perasaan itu untuk creambath, lakukan hal ini secara rutin, rambut lo pasti bakal indah berkilau.

IRMA  ANISSA  WARDANI(10)





Kecantikan Rambut dan Tips Merawatnya

24 03 2009

Tips Pintar Untuk Kecantikan Rambut Indah Mu

Rahasia Rambut Indah

Rahasia Rambut Indah Tahukah Anda, bila semakin sering Anda mengalami bad hair day, berarti masih banyak cara perawatan rambut yang selama ini sudah dilakukan yang perlu dibenahi. Rambut kering, rusak ataupun frizzy, sudah pasti tidak enak dipandang dan jauh dari bisa dibilang indah. Padahal rambut adalah mahkota perempuan.

Kondisi seperti ini diperparah dengan penggunan produk shampoo serta cara penggunaan conditioner yang salah. Padahal untuk dapat memiliki rambut indah , konsentrasi perawatan tidak hanya dilakukan pada akar saja, tetapi juga batang rambut. Batang rambut memerlukan nutrisi yang cukup agar rambut tampak senantiasa sehat dan kemilau dengan natural. Untuk itu penggunaan conditioner secara terpisah sangatlah dianjurkan.

Para hairstylist profesional ternyata tidak pelit berbagi tips untuk mengatasi masalah rambut kering dan tidak sehat ini. Kuncinya adalah bagaimana cara mengaplikasikan conditioner secara terpisah pada rambut. Simak saja beberapa rahasia yang diberikan khusus untuk Anda.

Hal pertama adalah merubah cara pandang bahwa semakin banyak digunakan conditioner maka hasilnya akan semakin bagus . Ini jelas salah , karena penggunaan conditioner yang berlebihan akan membuat pori-pori rambut tertutup. Selain mengakibatkan rambut jadi lebih berminyak , hal ini juga mengakibatkan ketombe dan kerontokan rambut.

Gunakan leave-on conditioner dengan takaran 2 butir kacang tanah. Taruh di telapak tangan . Oleskan pada batang rambut mulai dari ujung bagian bawah sampai merata, tetapi ingat, jangan berlebihan. Lakukan pengaplikasian leave-on conditioner ( kondisioner tanpa bilas ) setelah keramas agar lebih menyerap dan hasilnya maksimal hasilnya.

KIKI SANDRA APRILLIA (11)





Merawat Kecantikan Tubuh dan Rambut Ala Ibnu Sina

24 03 2009

Allah SWT itu indah, dan mencintai keindahan,  begitu bunyi salah satu hadis Rasululah SAW.  Dalam hadis lainnya juga diungkapkan bahwa, Sesungguhnya Allah SWT itu bersih dan mencintai kebersihan. Ajaran yang disampaikan Rasulullah SAW itu telah melecut para ilmuwan Muslim untuk berkontribusi dalam bidang perawatan kecantikan, mulai dari rambut hingga ujung kaki.

Sejatinya, perawatan kecantikan telah berkembang sejak era kejayaan Islam.  Adalah Ibnu Sina (980 -1037 M)  dokter Muslim legendaris dalam kitabnya Qanin fi Thib atau Canon of Medicine secara khusus menuliskan rahasia dan resep perawatan kecantikan mulai rambut hingga ujung kaki. Tips perawatan kecantikan itu ditulis dalam bab khusus yang disebut ziyet  penampilan fisik.

Prof Nil Sari dari  Fakultas Kedokteran Istanbul University dalam tulisannnya bertajuk ‘Beauty, Hair and Body Care in the Canon of Ibn Sina  mengungkapkan, meski istilah ziynet kerap digunakan untuk menyebut hiasan-hiasan, namun dalam kitab itu Ibnu Sina menjelaskan tentang tips dan rahasia berkaitan dengan penampilan, seperti perawatan rambut dan tubuh.

Menurut Prof Nil, sejak abad ke-10 M, Ibnu Sina sudah membahas mengenai penyakit kulit, perawatan, dan penyembuhannya. ”Ia juga membahas mengenai masalah berat badan, misalnya kegemukan dan kekurusan serta dampaknya terhadap penampilan,” tutur Prof Nil. Ibnu Sina juga membahas tentang simptom atau gejala.

Misalnya, ia mengupas tentang berbagai masalah kecantikan yang kerap dihadapi setiap orang, seperti rambut rontok, kulit yang berubah pucat, serta bagaimana merampingkan tubuh. Dalam kitabnya yang fenomenal itu, ia juga mengungkapkan tentang formula perawatan rambut dan kulit.

Selain itu, Ibnu Sina juga memaparkan tentang penyakit-penyakit kulit, metabolisme serta makanan yang perlu dikonsumsi dan tidak untuk menjaga kecantikan tubuh. Avicenna  begitu ia akrab disapa di Barat  mengupas masalah kecantikan bukan bertujuan untuk mempercantik diri, namun lebih menekankan pada sudut pandang kesehatan dengan cara merawat tubuh.

Masalah Rambut

Dalam kitabnya, Ibnu Sina mengungkap rahasia perawatan rambut. Ia mengkaji semua hal tentang rambut (sha’r), jenggot dan lainnya.  Ia sudah mampu mengungkapkan langkah-langkah yang harus diambil untuk mencegah rambut dan jenggot rontok. Selain itu,  dia juga memaparkan tentang cara mendapatkan rambut yang lebat dan panjang. Ibnu Sina juga memaparkan bagaimana cara menata rambut, seperti mendapatkan rambut halus yang lurus atau keriting.

Tak hanya itu, Ibn Sina juga menjelaskan metode untuk mengubah warna rambut, misalnya, warna rambut dibuat lebih gelapkan warnanya, dengan warna hitam pekat, atau warna rambut diubah menjadi merah, cokelat, dan lainnya. “Semua hal tentang pertumbuhan rambut, penyakit, pengobatan dijelaskan sesuai dengan teori humoral. Tetapi sulit untuk memahami arti medis dari beberapa istilah,” ungkap Prof Nil.

Khusus tentang rambut, Ibnu Sina mengkaji masalah kebotakan dan beragam penyebab rontoknya rambut.  Menurut dia, terdapat tiga faktor yang membuat rambut gagal tumbuh. Ppertama, “zat” rambut tidak menembus ke dalam tempat tumbuhnya  rambut. Kedua, ‘zat’ menembus ke tempat rambut tumbuh, namun tak bertahan di tempat itu. Ketiga, “zat” rambut merusak, akibatnya  tak cocok untuk pertumbuhan rambut.

Pengobatan rambut
Selain mengindentifikasi masalah penyebab kerusakan rambut, Ibnu Sina pun  menawarkan pengobatannya. Secara khusus, ia menulis tentang ”obat melindungi rambut.” Prinsip-prinsip pengobatan penyakit terkait rambut didasarkan pada teori humoral. Obat yang melindungi rambut, papar ibnu Sina,  harus memiliki “daya tarik” untuk menormalkan dan menyesuaikan suhu (hararet-i latîfe-i jazzabe) dan “mempertahankan kekuatan zat” (quvva-i kâbiza).

Perawatan kulit
Selain membahas berbagai masalah tentang rambut, Ibnu Sina juga mengupas perwatan kulit secara detail. Masalah perawatan, penyakit dan pengobatan kulit diuraikan sang dokter legendaris dalam artikel kedua  bab ziynet. Pada abad ke-10 M, Avicenna sudah mampu menjelaskan secara ilmiah mengenai perubahan warna pada kulit. 

Menurut Ibnu Sina, ada sejumlah faktor yang menyebabkan perubahan warna kulit seperti sinar matahari, udara dingin, angin, usia lanjut, jarang mandi, makanan yang terlalu asin serta perubahan dalam darah.  Sang dokter juga merinci tentang penyebab kulit mencaji pucat.  Kata dia, penyebab kulit pucat antara lain, penyakit, kegelisahan, kelaparan, terlalu banyak jimak (hubungan seks), sakit parah, cuaca terlalu panas, kurang minum serta faktor lainnya.

”Hal yang luar biasa Ibnu Sina  sudah mempu mengamati hubungan antara geophagia (kebiasaan memakan tanah) dengan anemia,”  ungkap Prof Nil. Ibnu Sina dalam  bab ziynet juga sudah memberi solusi penyembuhan dan perawatan masalah yang biasa dialami  pada kulit itu.

Penyakit kulit
Masalah penting lainnya yang dijelaskan Ibnu Sina mengenai jenis-jienis penyakit kulit dan pengobatannya.  Dalam artikel ketiga,  sang dokter sudah menjelaskan penyebab terjadinya kulit melepuh, jerawat, bisul, borok serta penyakit kulit lainnya.Menurut Prof Nil, pembahasan rahasia merwat kecantikan, rambut dan kulit yang dijelaskan Ibnu Sina  diklasifikasikan berdasarkan gejala. Contohnya, rambut rontok, kulit pucat tau tubuh menjadi kurus.  Dalam bab ziynet,  penyakit-penyakit kulit  juga dibahas Avicenna dalam artikelnya tentang kulit.  Pembahasan kulit secara khusus, dikaji dan dikupas dalam artikel ketiga.

Ibnu Sina  juga membahas masalah kecantikan dengan mengklasifikasikan organ. Ia mengupas masalah kecantikan mulai dari kepala yakni tentang perawatan rambut dan diakhiri dengan mempelajari kaki. Sang dokter berupaya membahas masalah kesehatan tubuh secara runut dari atas sampai  ke bawah.

”Topik mengenai ziynet sebagai berhubungan dengan kosmetika,” tutur Prof Nil. Ibnu Sina
ternyata sudah mampu menawarkan formula perawatan untuk rambut dan kulit.  Selain itu, ia juga sudah menjelaskan mengenai penyakit-penyakit kulit yang banyak dialami, metabolisme, terapi fisik dan haematologi. ”Ibnu Sina mengupas masalah ini bukan untuk mempercantik orang, tapi bagaimana menyembuhkan penyakit yang dapat merusak penampilan.”  desy susilawati/hri


Madu sebagai Obat Kecantikan

Ibnu Sina melakukan penelitian terhadap bahan-bahan alami yang ada pada masanya. Salah satu bahan alami yang ditawarkannya untuk merawat kecantikan tubuh adalah  madu dan minyak zaitun. Kedua bahan tersebut ternyata mampu menjadi obat mujarab yang digunakan sebagai kosmetika yang memiliki  beragam khasiat.

Menurut Avicenna, madu dan minyak zaitun bisa mengencangkan kulit muka dan seluruh kulit badan. Kedua bahan alami yang mendapat perhatian khusus dalam Alquran itu mampu menghilangkan flek-flek hitam dan jamur kulit.  Selain itu, madu dan minyak zaitun juga bisa menghaluskan kulit dan mengurangi reutan pada wajah.

Yang tak kalah menariknya, Ibnu Sina pun telah menemukan fakta bahwa minyak zaitun dan  madu mampu menghilangkan bau badan yang tak sedap, serta bisa memberikan vitamin pada kulit dan melembabkannya. Selain untuk kosmetik, madu juga bisa digunakan untuk bearagam kegunaan lainnya.

Mulai dari makanan, obat-obatan sampai bahan untuk alat-alat kecantikan. Sejatinya, manfaat madu telah dirasakan peradaban manusia sejak dahulu kala.  Orang Mesir Kuno telah mengonsumsinya. Penduduk Mesir Kuno sudah terbiasa memanfaatkan madu sebagai makanan bergizi tinggi serta  obat  berbagai macam penyakit yang mujarab.

Meski begitu, peradaban kuno belum mampu menjelaskannya secara ilmiah. Adalah Ibnu Sina  seorang dokter legendaris sepanjang masa  yang telah berhasil  membuktikan kebenaran khasiat madu tersebut, dalam usia tua.  Konon, Ibnu Sina masih tetap kelihatan sehat dan segar bugar layaknya seorang pemuda, karena terbiasa mengonsumsi madu.

KIKI SANDRA APRILLIA (11)





20 03 2009

Rambut Keriting Pun Bisa Memesona SIAPA bilang rambut keriting tak bisa memesona? Inilah buktinya! Seolah protes pada kenyataan bahwa sebagian besar iklan kecantikan yang senantiasa menggunakan wanita berambut lurus sebagai model, juga selalu menampilkan iklan kecantikan khusus untuk rambut yang menggunakan model wanita berambut lurus, belum lama ini Dharma Wanita Persatuan Papua Barat menggelar sebuah acara tata rambut keriting bagi perempuan-perempuan asli Papua. Hasilnya, penampilan perempuan-perempuan Papua dengan berbagai model tata rambut khas nan kreatif. Dalam lomba tata rambut yang digelar di Manokwari dalam rangka HUT ke-2 Dharma Wanita Persatuan Papua Barat itu tampillah berbagai gaya tatanan rambut yang diilhami alam lingkungan, seperti ular melingkar, semangka, kaki seribu, dan gurita! Tentu saja, acara ini tidak seperti ajang menata rambut profesional dengan peralatan modern. Wanita-wanita Papua ini tidak membutuhkan segala macam hairspray dan hairdryer ataupun sisir sasak. Mereka hanya memakai sisir lempeng biasa dan penjepit rambut serta aksesoris penghias lainnya untuk mempercantik rambutnya. Seperti ditunjukkan Yemima Towansiba (15) yang asyik menata rambut si adik Sarce Towansiba (14). Hanya dalam tempo 45 menit, ia berhasil mengubah rambut yang semula tampak padat-merekah menjadi jalinan kepang yang terurai dari titik pusat kepala (unyeng-unyeng) menyebar rapi ke segala penjuru batas rambut. Hasil akhirnya, kulit kepala jadi bergaris-garis, berselang-seling dengan jalinan rambut. Yemima menyebut kreasinya dengan model gurita karena kepala tampak dicengkeram oleh ”tangan-tangan” gurita yang terbentuk dari jalinan rambut. Siswi kelas satu SMK 1 Manokwari ini mengaku kemampuan menata rambut dipelajari sendiri saat waktu luang. Dalam keseharian, mereka biasa duduk-duduk mengobrol di teras rumah sembari saling menjalin rambut teman/saudaranya. Kebiasaan ini tidak hanya dilakukan saat akan menghadiri acara pesta, kondangan, maupun ibadah di gereja. Saat ke kebun pun, mereka tak lupa menata rambutnya. ”Kalau ke kebun, rambut juga biasa dijalin seperti ini supaya tidak panas (gerah),” ujar Yemima. Penampilan serupa ditunjukkan Ika Saidui (24) yang tampil dengan model semangka. Penata rambutnya, Novlin May memilih model semangka. Dengan bercucur keringat, May menarik rambut Saidui yang panjang, dari batas rambut di dahi kanan menuju ke arah tengkuk. Rambut kepang-kepang kecil itu kemudian dihiasi pita dan penjepit. Alhasil, penampilan Saidui akan memancing siapapun saat berjalan di mal. Kedua pemudi berparas manis itu mencoba menampilkan bahwa wanita Papua tidak perlu rebonding untuk tampil cantik. Dengan sedikit keuletan dan kreativitas, rambut keriting menjadi modal utama untuk tampil memesona dan memikat siapapun. ”Saya baru tahu ternyata mahkota wanita Papua yang keriting itu dapat dikreasi menjadi begitu indah dan memesona,” ujar Ibu Wakil Gubernur Papua Barat, Naning Rahimin Katjong yang juga sebagai ketua juri perlombaan. ”Jadi kalian tidak perlu rebonding atau kasih lurus-lurus rambut. Kalian punya rambut itu sudah indah, tinggal dirawat dan ditata dengan baik saja,” ujar Sekretaris Daerah Papua Barat, GC Auparay saat memberikan sambutan. Memang betul, rambut wanita Papua yang telah ditata dan dijalin menjadikan sosoknya semakin eksotis dan menarik. Alhasil, perlombaan yang baru pertama kali digelar dan akan diadakan rutin ini mampu meningkatkan kepercayaan diri wanita-wanita asli Papua.

name : fitri rahayu

no.07





20 03 2009

Khasiat Lidah Buaya Selain menyuburkan rambut, lidah buaya juga dikenal berkhasiat untuk mengobati sejumlah penyakit. Di antaranya diabetes melitus dan serangan jantung. Lidah buaya atau Aloevera adalah salah satu tanaman obat yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Tanaman ini sudah digunakan bangsa Samaria sekitar tahun 1875 SM. Bangsa Mesir kuno sudah mengenal khasiat lidah buaya sebagai obat sekitar tahun 1500 SM. Berkat khasiatnya, masyarakat Mesir kuno menyebutnya sebagai tanaman keabadian. Seorang peracik obat-obatan tradisional berkebangsaan Yunani bernama Dioscordes, menyebutkan bahwa lidah buaya dapat mengobati berbagai penyakit. Misalnya bisul, kulit memar, pecah-pecah, lecet, rambut rontok, wasir, dan radang tenggorokan. Dalam laporannya, Fujio L. Panggabean, seorang peneliti dan pemerhati tanaman obat, mengatakan bahwa keampuhan lidah buaya tak lain karena tanaman ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup bagi tubuh manusia. Hasil penelitian lain terhadap lidah buaya menunjukkan bahwa karbohidrat merupakan komponen terbanyak setelah air, yang menyumbangkan sejumlah kalori sebagai sumber tenaga. Makanan Kesehatan Menurut seorang pengamat makanan kesehatan (suplemen), Dr. Freddy Wilmana, MFPM, Sp.FK, dari sekitar 200 jenis tanaman lidah buaya, yang baik digunakan untuk pengobatan adalah jenis Aloevera Barbadensis miller. Lidah buaya jenis ini mengandung 72 zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Di antara ke-72 zat yang dibutuhkan tubuh itu terdapat 18 macam asam amino, karbohidrat, lemak, air, vitamin, mineral, enzim, hormon, dan zat golongan obat. Antara lain antibiotik, antiseptik, antibakteri, antikanker, antivirus, antijamur, antiinfeksi, antiperadangan, antipembengkakan, antiparkinson, antiaterosklerosis, serta antivirus yang resisten terhadap antibiotik. Mengingat kandungan yang lengkap itu, lidah buaya menurut Dr. Freddy bukan cuma berguna menjaga kesehatan, tapi juga mengatasi berbagai penyakit. “Misalnya lidah buaya juga mampu menurunkan gula darah pada diabetesi yang tidak tergantung insulin. Dalam waktu sepuluh hari gula darah bisa normal,” katanya. Mengandung Antioksidan Menurut Dr. Freddy, beberapa unsur mineral yang terkandung dalam lidah buaya juga ada yang berfungsi sebagai pembentuk antioksidan alami. Misalnya vitamin C, vitamin E, dan zinc. Bahkan hasil penelitian yang dilakukan ilmuwan asal Amerika Serikat menyebutkan bahwa dalam Aloevera barbadensis miller terdapat beberapa zat yang bisa berfungsi sebagai antioksidan,” ujarnya. Antioksidan itu berguna untuk mencegah penuaan dini, serangan jantung, dan beberapa penyakit degeneratif. Lidah buaya bersifat merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Dalam lendir lidah buaya terkandung zat lignin yang mampu menembus dan meresap ke dalam kulit. Lendir ini akan menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit. Hasilnya, kulit tidak cepat kering dan terlihat awet muda. Selain wasir, lidah buaya bisa mengatasi bengkak sendi pada lutut, batuk, dan luka. Lidah buaya juga membantu mengatasi sembelit atau sulit buang air besar karena lendirnya bersifat pahit dan mengandung laktasit, sehingga merupakan pencahar yang baik. Sejauh ini, menurut Dr. Freddy, penelitian belum menemukan efek samping penggunaan lidah buaya. Jika ada masalah, itu hanya berupa alergi pada mereka yang belum pernah mengonsumsi lidah buaya. “Tapi, sejauh ini dari pasien saya yang mengonsumsi suplemen berbahan dasar lidah buaya, reaksi yang muncul adalah karena daya kerja obat yang melawan penyakit,” katanya. Namun, yang perlu diingat, menurut Dr. Freddy, sifat tanaman lidah buaya hampir mirip dengan buah apel yang bila habis digigit langsung berwarna cokelat. Hal itu bisa menjadi tanda lidah buaya telah teroksidasi, sehingga beberapa zat yang dikandungnya rusak. Memang tidak semua unsurnya rusak, tapi siapa yang mau hanya mendapat ampas? Karena itu, sebaiknya segera konsumsi ramuan lidah buaya, baik yang diracik atau yang sudah diolah, agar lebih terasa manfaatnya,” lanjutnya. Ramuan Lidah Buaya Radang tenggorokan Cara Meramu: 1 daun lidah buaya dicuci dan dikupas. Isinya dipotong-potong atau diblender. Tambahkan 1 sendok makan madu murni. Minum 3 kali sehari. Ambeien Cara Meramu: Setengah (1/2) batang daun lidah buaya dibuang durinya, dicuci, lalu diparut. Beri setengah (1/2) gelas air panas, kemudian peras. Tambahkan 2 sendok makan madu. Dalam keadaan hangat, minum 3 kali sehari. Sembelit Cara Meramu: Setengah (1/2) batang daun lidah buaya dicuci dan dikupas. Isinya dipotong kecil-kecil. Seduh dengan setengah (1/2) gelas air. Beri 1 sendok makan madu. Hangat-hangat dimakan 2 kali sehari. Diabetes melitus Cara Meramu: 2 batang daun lidah buaya, dicuci, dibuang durinya, dipotong-potong. Rebus dengan 3 gelas air, lalu saring. Minum 3 kali sehari sesudah makan, masing-masing setengah gelas. Penurun kadar gula darah Cara Meramu: 1 pelepah lidah buaya ukuran besar (kira-kira seukuran telapak tangan) dibersihkan dengan mengupas kulit dan durinya. Rendam sekitar 30 menit dalam air garam. Remas sebentar lalu bilas di bawah air yang mengalir (air kran). Rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Dinginkan. Minum sebanyak 1/2 gelas, 2 sampai 3 kali sehari. Penyubur rambut Cara Meramu: 2 pelepah lidah buaya dicuci lalu kupas. Isinya digosokkan pada kulit kepala yang telah dikeramas pada sore hari. Bungkus dengan kain. Keesokan harinya rambut dibilas. Lakukan setiap hari selama 3 bulan. Batuk (yang membandel) Cara Meramu: 20 g daun lidah buaya dicuci, dikupas, dipotong-potong. Beri 2 sendok makan madu murni. Minum 2 kali sehari. Ulangi selama 10 hari.

name : santi suhartati

no.18





20 03 2009

Biotherapie, Perawatan Rambut Bebas Zat Kimia

JIKA Anda ingin memiliki rambut yang indah dan menarik, cobalah beberapa perawatan alami dengan buah-buahan dan tumbuh-tumbuhan sebagai bahan dasarnya. Solusi tepat yang dapat Anda coba adalah biotherapie. Biotherapie adalah jenis perawatan rambut dan kulit kepala dengan menggunakan bahan-bahan alami. Anda tertarik untuk mencobanya?

Untuk mendapatkan rambut yang indah, salah satu caranya adalah memberikan perawatan yang optimal terhadap rambut. Perawatan dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami akan memberikan kesehatan yang optimal. Menggunakan bahan-bahan alami dan rendah kandungan zat kimia akan memberikan hasil terbaik bagi rambut dan tanpa efek samping. Untuk itu, kita harus benar-benar paham kondisi rambut berikut permasalahannya.

Harus disadari, alam memberi yang terbaik bagi kita. Segala yang ada di alam ini merupakan solusi bagai semua permasalahan yang dihadapi manusia, termasuk permasalahan rambut. Saat ini, salon-salon kecantikan sudah mulai memberikan fasilitas perawatan rambut secara tradisional yang biasa disebut dengan biotherapie.

Di Indonesia, biotherapie dikenal sebagai rangkaian perawatan rambut dan kulit kepala. Perawatan tersebut merupakan perawatan alternatif akibat kejenuhan dalam menggunakan bahan-bahan kimia. Menurut Lina Mulyani, Senior Product Manager Matrix, biolage ini adalah produk perawatan rambut yang berasal dari bahan-bahan alami.

“Biolage mengolah intisari tumbuhan sehingga bisa memberikan vitamin, dan mengembalikan kondisi, dan kekuatan rambut alami,” katanya.

Biotherapie diharapkan bisa menjadi perawatan alternatif bagi rambut. Perbaikan rambut dengan menggunakan biotherapie terdiri dari dua macam. Pertama, hair therapie. Yaitu perawatan rambut dengan cara memperbaiki struktur rambut dan menutup kutikula untuk mempertahankan nutrisi yang masuk dan memperbaiki struktur luar rambut sehingga rambut terlahir kembali.

Hair therapie memiliki tiga kegunaan, seperti memperbaiki, mengunci, dan melembutkan. Bahan-bahan alami yang digunakan di antaranya sari buah-buahan dan tanaman seperti anggur, alpukat, bunga sepatu, lidah buaya, mangga, dan gingseng. Kedua, scalp therapie. Yaitu perawatan untuk mendapatkan rambut yang sehat dengan cara menyehatkan dengan cara menyehatkan menyehatkan kulit kepala. Untuk mendapatkan rambut yang sehat, kita harus memiliki kulit kepala yang sehat. Nutrisi di dalam tubuh akan dapat diterima rambut apabila kulit kepala mampu membawa nutrisi tersebut ke akar rambut.

Pada umumnya masalah yang sering dialami perempuan Indonesia adalah ketombe dan kerontokan. Khusus untuk ketombe Lina menjelaskan, pada dasarnya ketombe dihasilkan oleh adanya micro organisme di kulit kepala dalam jumlah besar dan menyebabkan ketidakseimbangan pada kulit kepala. Akibatnya terjadi reaksi kekebalan dan mempercepat pembaharuan sel sehingga akhirnya sel-sel tersebut mengelupas dan menumpuk.

Selain itu ketombe bisa timbul akibat pemakaian shampo yang tidak bersih, tidak rajin cuci rambut, dan tidak terkena matahari terlalu lama. Dalam scalp therapie terdapat kandungan piroctine olamine (zat ini terdapat dalam daun mint dan jeruk nipis) yang berfungsi untuk menghilangkan ketombe dan menghambat pertumbuhan ketombe baru. Dari luar, piroctine olamine terserap ke dalam kulit kepala dan mengangkat sel-sel kulit mati, dari dalam, piroctine olamine menghambat pertumbuhan sebum-sebum sehingga keseimbangan kulit kepala terjaga dengan baik.

Selain ketombe, masalah kedua yang sering terjadi pada orang Indonesia adalah kerontokan rambut. Kerontokan rambut disebabkan oleh dua faktor, yaitu penyebab sementara dan penyebab permanen. Penyebab sementara misalnya akibat dari stres dan kecapekan, polusi, perubahan cuaca yang drastis, dan penggunaan produk perawatan rambut yang salah. Sedangkan penyebab permanen lebih pada ketidakseimbangan hormon, faktor keturunan, dan ketidakseimbangan sistem tubuh. Kedua penyebab tersebut dapat mengakibatkan terhambatnya nutrisi ke akar rambut yang membuat lapisan kolagen mengeras dan mengecil.

Untuk mengurangi kekerasan kolagen dan menebalkan batang-batang rambut, serta memperpanjang umur rambut para ilmuan telah menemukan sebuah molekul yang dapat digunakan dan dipantenkan. Molekul itu bernama Aminexii.

Setiap produk itu ada kekurangan dan kelebihan, ada yang pro dan kontra. Sebenarnya kalau dilihat dari segi kesehatan, pastinya produk yang alami lebih sehat. Namun ada sebagian orang yang merasa tidak cocok karena alergi ataupun tidak sabar menunggu hasilnya.

“Memang biasanya produk dengan bahan dasar kimia lebih cepat efeknya daripada produk alami,” jelas Lina.

Menurut Lina, semua itu dikembalikan lagi kepada kita selaku konsumen, apakah ingin hasil yang instan namun rentan risiko, atau ingin back to nature dengan bahan-bahan yang alami?

name : santi suhartati

no.18





20 03 2009

5 ‘Aturan Main’ Mewarnai Rambut Biasanya, orang yang bosan dengan penampilan mereka, akan melakukan make over. Make over paling biasa yang dilakukan adalah perubahan warna rambut yang dapat membuat seseorang terlihat lebih fresh dan memiliki penampilan baru. Melakukan proses pewarnaan untuk mengganti warna rambut sah-sah saja, asalkan jangan sampai keinginan tersebut membuat rambut Anda menjadi rusak. Memang sih, jika pun rambut Anda rusak, ada perawatan yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan kesehatan rambut, tapi itu membutuhkan biaya mahal dan kontinuitas. Seperti pepatah lama, ”pencegahan lebih baik daripada mengobati”, jadi sebelum Anda melakukan proses tersebut, mengerti dahulu beberapa aturan dalam pewarnaan rambut. * Jangan lakukan proses kimiawi lebih dari 2 kali pada rambut. Kadang-kadang Anda merasa tidak ingin bolak-balik ke salon, jadi keinginan meluruskan rambut dan mengubah warna rambut Anda lakukan dalam 1 kali kesempatan. Ternyata hal ini sangat dilarang! ”Proses kimiawi terlalu banyak pada rambut bisa sangat merusak,” ujar Sharon Dorram-Krause dari John Frieda Salon di New York City. ”Anda bisa lakukan pewarnaan dan highlight asalkan rambut Anda tidak sedang diluruskan ataupun dikeriting,” saran dari James Harris, stylist dari produk haircare, Mizani. * Harus disesuaikan dengan warna kulit. Anda boleh kok berekspresi dalam berbagai warna untuk rambut Anda, namun tetap harus senada dengan warna kulit. Anda memiliki kulit bewarna kuning, warna rambut yang terlalu pirang pucat akan membuat Anda terlihat mengalami jaudice. Namun jika Anda memilih warna lebih gelap, rambut Anda akan seperti keemasan dan cantik. * Hargai warna rambut asli. Ketika Anda ragu dalam memilih warna yang cocok untuk Anda, pilihlah warna yang tidak terlalu jauh dari warna rambut asli. ”Warna rambut asli adalah warna yang paling cocok untuk Anda,” saran Rita Hazan dari Rita Hazan Salon di New York. Lakukan proses secara bertahap. Jika Anda berniat untuk memiliki warna rambut lebih terang, satu saran dari para hairstylist adalah jangan terburu-buru. ”Di salon pun, proses ini hanya akan dilakukan satu kali. JIka Anda memaksakannya, rambut Anda justru akan bewarna oranye. Lakukan secara bertahap setidaknya sebulan sekali,” ujar Rita Hazan. * Ingat warna alis. Jangan pernah mengaplikasikan warna rambut baru Anda pada alis. Kalaupun Anda ingin menyesuaikannya, Anda dapat mengaplikasikan warna yang lebih muda, saran Victoria Hunter dari Bumble and Bumble color. Tip khusus: Jangan keramas sehari sebelum proses pewarnaan, karena minyak dari rambut Anda akan membantu dalam proses pewarnaan. Setelah pewarnaan juga jangan sering keramas, karena warna rambut menjadi tidak tahan lama.

name : firti rahayu

no.07